Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak dalam Islam

Tarbiyatul Aulad 

Pendidikan Anak dalam Islam

Terbitan Khatulistiwa Press 

Isbn 978-602-17576-3-5



www.mochferrydwicahyono313.com

Anak adalah permata hati, labuhan jiwa dan harapan masa depan. Ia adalah muara cinta kedua orang tuanya. Orang tua yang benar pasti akan mengorbankan apa pun yang ia punya demi anaknya. Dan mereka pasti ingin agar anaknya tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalihah serta berhasil dalam studi dan hidupnya. Namun apakah kita sebagai orang tua tahu persis jalan yang harus kita tempuh untuk menjadikan anak kita demikian?


Padahal jalan itu maha penting karena amat menentukan masa depan anak. Sampai-sampai Nabi Muhammad Shallallhu Alaihi Wasallam bersabda, "Setiap anak lahir di atas fitrah. Kedua orangtunyalah yang menjadilan dia Yahudi, Nasrani atau Majusi" (HR. Al Bukhari).


www.mochferrydwicahyono313.com
Tarbiyatul Aulad 
Pendidikan Anak dalam Islam
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
 Khatulistiwa Press


Jalan itu adalah pendidikan (tarbiyah) yang baik dan pendidik pertama dan utama bagi seorang anak adalah orang tuanya sendiri. Orang tuanyalah yang meletakkan pendidikan dasar pendidikan bagi anak usia dini agar anak memasuki usia remaja ia tak terpengaruh oleh teman-temannya yang mungkin kurang baik perangainya. Sebab saat anak memasuki isua remaja pengaruh lingkungan dan teman pergaulan lebih menentukan daripada orang tuannya.


Maka orang tua yang sadar pasti akan belajar cara mendidik anak yang benar sesuai dengan kaidah agama dan kebutuhan anak yang berbeda - beda karakternya. Dan buku ini menyediakan informasi informasi yang berharga tentang konsep pendidikan Islam yang utuh beserta metide-metodenya yang praktis untuk mencegah dan memperbaiki perilaku anak yang menyimpang.


Buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam (Pendidikan anak dalam Islam) kadya Dr. Abdullah Nashih Ulwan (1928-1987) ulama besar, pendidik dan aktifitas gerakan Islam international ini telah mengisi kekosongan pustaka Islam dari buku-buku pendidikan Islam yang menyeluruh. Buku ini sekaligus menjelaskan bahwa Islam memiliki sistem dan metide pendidikan yang hebat untuk memperbaiki kondisi masyarakat. Dan ia mengambil metode - metode itu langsung dari pengajar pertama dan utama umat ini. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga para murid langsung beliau yaitu para sahabat yang mulia serta para ulama dan tokoh umat setelah mereka.


Latar belakang penulis sebagai aktifis gerakan Islam makin memperkaya buku ini dengan berbagai informasi penting yang dibutuhkan seorang pendidik. Ia juga memberi perspektif penting yang sulit kita jumpai di buku - buku sejenis yaitu pendidikan anak yang benar akan  benar menciptakan generasi baru yang punya komitmen kuat terhadap Islam dalam seluruh aspeknya seperti geƱerasi dulu yang telah membawa Islam ke puncak peradaban dan kejayaan. Dan hanya denngan pendidikan  seperti yang diperoleh oleh generasi emas itu anak - anak kita dapat mengantarkan umat Islam kembali memperoleh kejayaannya.

0 Comments

Terima kasih