Apa Itu Filantropi?Yuk Kenali Literasi Filantropi Biasa Dikenal Masyarakat

Apa Itu Filantropi?Yuk Kenali Literasi Filantropi Biasa Dikenal Masyarakat
Apa Itu Filantropi?Yuk Kenali Literasi Filantropi Biasa Dikenal Masyarakat 



Apa Itu Filantropi?

Kedermawanan melibatkan amal dalam beramal dalam skala besar. Kedermawanan harus lebih dari sekedar sumbangan amal. Ini adalah upaya individu atau organisasi yang dilakukan berdasarkan keinginan altruistik untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Individu kaya terkadang membangun yayasan pribadi untuk memfasilitasi upaya filantropis mereka.


Nirlaba adalah organisasi yang didirikan untuk mendukung berbagai penyebab sosial, seperti pendidikan, kesehatan, ilmiah, keamanan publik, dan Hak Asasi Manusia. Di Amerika Serikat, organisasi yang memenuhi syarat sebagai nirlaba dibebaskan dari kewajiban pajak federal di bawah Kode Pendapatan Internal(IRC) 501 (c).1


Kata Kunci

Beramal mengacu pada perbuatan amal atau perbuatan baik lainnya yang membantu orang lain atau masyarakat secara keseluruhan.


Filantropi dapat termasuk menyumbangkan uang untuk tujuan yang layak atau waktu sukarela, usaha, atau bentuk lain dari altruisme.


Filsuf Yunani Plato adalah seorang dermawan, meninggalkan dana dalam wasiatnya untuk membantu mempertahankan Akademi yang telah ia dirikan.


Andrew Carnegie adalah salah satu dermawan paling terkenal di Amerika, dicatat untuk skala besar kontribusi amalnya, yang termasuk bangunan lebih dari 2.500 perpustakaan di seluruh dunia.


Di zaman modern, filantropi sering dilakukan oleh orang-orang yang mencari keringanan pajak, selain merasa baik dan membantu orang lain.


Memahami Kedermawanan

Kedermawanan kembali ke masyarakat Yunani. Filsuf terkenal Plato di 347 SM, misalnya, dalam surat wasiat yang akan menginstruksikan keponakannya untuk menggunakan proses peternakan keluarga untuk mendanai Akademi yang Plato didirikan. Uang membantu siswa dan Fakultas menjaga Akademi tetap berjalan.2

Sekitar 150 tahun kemudian, Pliny yang lebih muda berkontribusi sepertiga dari dana untuk sebuah sekolah Romawi untuk anak-anak muda. Dia menginstruksikan ayah dari siswa untuk datang dengan sisanya.3 tujuan adalah untuk menjaga Roma muda berpendidikan di kota daripada di luar negeri.


Contoh filantropi di Amerika Serikat

Tahun 1630, John Winthrop dari koloni Massachusetts Bay .. berkhotbah kepada para pendatang Puritan .. 4 Sementara itu, orang miskin harus melakukan yang terbaik untuk memperbaiki situasi mereka. Tiga tahun kemudian, John Eliot menulis surat kepada Sir Simonds D'ewes meminta uang untuk menemukan sebuah perguruan tinggi di Massachusetts.5 dari 1638, John Harvard meletakkan dasar untuk Harvard University setelah mewariskan setengah hartanya untuk mendirikan sekolah.6


Banyak orang di Amerika Serikat memberi uang untuk penyebab di mana mereka percaya. Mungkin contoh yang paling terkenal filantropi datang dari Andrew Carnegie, hanya karena skala yang diberikan. Kekayaan Carnegie membantu membangun lebih dari 2.500 perpustakaan di seluruh dunia. Dia juga diberkahi beberapa universitas dan kepercayaan amal yang masih berjalan 100 tahun setelah kematian Carnegie pada tahun 1919,7 memperkirakan total kontribusi amal melebihi 350 juta dolar. Carnegie hidup sampai credo-nya bahwa seorang pria yang mati kaya dipermalukan, dan seluruh masyarakat belajar untuk mengikuti contoh-nya.


Contoh lain adalah Yayasan Ford, didirikan oleh Edsel Ford, putra dari Ford Motor Company pendiri Henry Ford. Yayasan berfokus pada memperkuat demokrasi, meningkatkan kesempatan ekonomi, dan memajukan pendidikan.8 juga, miliarder dan Microsoft mogul Bill Gates dan mantan istrinya, Melinda, mendirikan Yayasan Bill & Melinda Gates untuk mendukung global development dan program kesehatan global.9


SUMBER ARTIKEL

Investopedia membutuhkan Penulis untuk menggunakan sumber-sumber utama untuk mendukung pekerjaan mereka. Ini termasuk kertas putih, data pemerintah, laporan asli, dan wawancara dengan pakar industri. Kami juga referensi asli penelitian dari penerbit terkemuka lainnya mana yang sesuai. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Standar Kita mengikuti dalam produksi yang akurat, konten yang tidak bias dalam kebijakan editorial kita.

Layanan Pendapatan Internal. "Persyaratan pembebasan, 501(c)(3) Organisasi."Diakses 17 Mei 2021 . 

The Internet Encyclopedia Filsafat. "Plato: Akademi."Diakses 17 Mei 2021 . 

Dix, T. K. (1996). Perpustakaan Pliny di Comum. Perpustakaan dan budaya, 31(1), halaman 85-102.

Encyclopedia.com. " sebuah model amal Kristen: JOHN WINTHROP 1630 ."Diakses 17 Mei 2021 . 

Pulsipher, J. H. (2001). "Sages kami adalah Sageles": sebuah surat di Massachusetts lndian Kebijakan setelah Perang Raja Philip. The William dan Mary Quarterly, 58(2), Halaman 431-448.

Masyarakat kolonial Massachusetts. "TRANSAKSI MASYARAKAT KOLONIAL DARI MASSACHUSETTS MARET, 1919."Diakses 17 Mei 2021 . 

Carnegie Corporation New York. "Cerita Andrew Carnegie."Diakses 17 Mei 2021 . 

Yayasan Ford. "Sejarah."Diakses 17 Mei 2021 . 

Yayasan Bill & Melinda Gates. "Tentang Kita: Kisah Kita ."Diakses 17 Mei 2021 . 

Layanan Pendapatan Internal. "Pemotongan Amal ."Diakses 17 Mei 2021 . 

Memberikan Amerika Serikat. "Memberikan USA 2020: amal menunjukkan pertumbuhan yang solid, naik menjadi $449.64 miliar pada tahun 2019, salah satu tahun tertinggi untuk memberikan catatan."Diakses 17 Mei 2021 .

16 Comments

  1. Filantropi di Indonesia makin banyak ya. Ada yayasan, ada juga komunitas. Orang2 merasakan ketenangan dan kebahagiaan setelah berbagi makanya selalu rame kegiatan filantropis.

    ReplyDelete
  2. "seorang pria yang mati kaya dipermalukan, dan seluruh masyarakat belajar untuk mengikuti contoh-nya"

    Saya kok susah ya memahami credo dari carnegie ini, apa maksudnya mati kaya dipermalukan?

    ReplyDelete
  3. Sedemikian besar hasil dari kegiatan filantropi ini, kedermawanan yang bisa berkelanjutan dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas.

    ReplyDelete
  4. Filantropi ini tentunya kegiatan yang bagus banget. Sikap dermawan pun sudah semestinya kita miliki.

    ReplyDelete
  5. Sukses selalu buat yayasan dan komunitas-nya filantropi semoga kegiatan ini makin banyak dikunjungi banyak orang dan membuat orang bahagia telah berbagi sesama

    ReplyDelete
  6. Akhir-akhir ini komunitas filantropis banyak bermunculan disekitar Kita ya kak, kadang dimulai dari komunitas arisan. Biaya makan-makan dikumpulkan lalu dibagi-bagikan pada pihak yang membutuhkan

    ReplyDelete
  7. Saya banyak kenal pekerja amal. Mereka mencari dermawan dan menyalurkan sumbangannya kepada orang yg berhak. Saya bbrp kali ikut dalam kegiatannya. Ternyata berbagi dan menjasi dermawan itu bisa menular dan nyandu karena kepuasan batin hehe

    ReplyDelete
  8. Indonesia punya banyak filantropi, baik keagamaan (NU,Muhamadiyah) dan yang bukan

    Bahkan pemerintah juga punya badan mengumpulkan zakat untuk disalurkan pada yang membutuhkan

    ReplyDelete
  9. Ada satu hal yang selalu jadi pertanyaan saya tentang makna dari FILANTROPI. Di beberapa referensi disebutkan bahwa kata ini merujuk pada waktu, uang dan tenaga. Lalu bagaimana dengan ilmu? Orang yang menyumbangkan ilmunya kepada masyarakat apakah bisa digolongkan sebagai FILANTROPI?

    ReplyDelete
  10. Kelebihan berbagi itu bukannya berkurang z justru bakal melimpah. Itu sudah janji Yang Maha Pencipta dan tidak diragukan lagi

    ReplyDelete
  11. Saya rasa keberadaan filantropi di Indonesia juga semakin banyak. Tapi, mungkin masih tidak sebanding dengan jumlah yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  12. Filantropi menarik untuk dermawan di masa pandemi dengan literasi menginspirasi

    ReplyDelete
  13. Wah, baru tahu. Ternyata filantropi sudah ada sejak berabad lalu meski dengan bentuk yang berbeda dari masa sekarang. Menarik ya mengenal sejarah filantropi seperti ini.

    ReplyDelete
  14. Satu hal yang perlu kita kembalikan pehaman masyarakat bahwa filantropi itu bukan cuma soal uang. Ini lebih kepada menggunakan sumber daya yang kita punya, apapun itu dan memberikannya untuk sebesar-besar kepentingan kemanusiaan.

    ReplyDelete
  15. Beuh, sumbernya banyak banget ya kak. Nggak main-main ini pembahasannya. BTW kak mau bilangin kalau URL kakak kayaknya ada yang kesambung tuh kata "filantropi" dan "yuk".

    ReplyDelete
  16. ternyata luas ya Filantropi ini, nggak melulu soal uang aja, tapi lebih ke manfaat buat orang sekitar atau kemanusiaan, baru ngeh sama penjelasannya disini. Semoga makin banyak orang baik yang bergabung pada komunitas Filantropi agar semakin banyak masyarakat yang terbantu, baik dari sisi tenaga, uang atau ilmunya :)

    ReplyDelete

Terima kasih