Boarding School Al Ma’soem, Referensi Lembaga Pendidikan Islam

Boarding School Al Ma’soem, Referensi Lembaga Pendidikan Islam


Boarding School Al Ma’soem, Referensi Lembaga Pendidikan Islam

Boarding School merupakan istilah yang merinci kepada sekolah berasrama, betul Boarding School merupakan sekolah berasrama dimana dalam lembaga ini individu atau kelompok yang belajar di Boarding School disebut Santri. Berbeda dengan pondok pesantren, boarding school lebih condong ke pendidikan atau lembaga sekolah yang berbasis islami, Boarding school juga bisa di sebut sebagai tempat para pelajar (santri) melakukan semua aktifitas seperti belajar, tinggal (tempat tinggal), serta aktifitas lain yang mendukung terlaksananya pendidikan, dengan batas waktu yang telah ditentukan, sehingga ada persyaratan umur bagi para siswa santrinya. Tempat belajar bagi para siswa biasanya mengambil tempat atau jadi satu atau bahkan memodifikasi sekolah formal. Oleh karena itu, boarding school disebut juga dengan sekolah berasrama.

Sedangkan pesantren merupakan tempat untuk membentuk manusia yang berakhlak. Dimana santri-santri tersebut bisa belajar tanpa adanya batas waktu. Selain itu, tidak ada pembatasan umur bagi santri yang belajar di pondok pesantren. Meski begitu dewasa ini baik Boarding School ataupun Pondok pesantren memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan siswa terdidik menjadi siswa atau santri yang berakhlakul kharimah, karena pada dasarnya dewasa ini baik boarding school atau pun pesantren memiliki pelajaran yang sama, bahkan baik tahfidz ataupun kitab kuning tersedia baik di pesantren ataupun boarding school. Tapi tetap satu pembeda yang signifikan adalah pendiri dari Boarding School dan Pendiri Pondok pesantren itu berbeda, jika pensatren pendidinya adalah kiyai berbeda dengan Boarding School yang dimana biasanya pendirinya organisasi atau lembaga, baik berupa yang yayasan, atau lembaga pemerintah atau swasta.

Boarding School Al Masoem merupakan sekolah berpendidikan yang dimana kami mengkedepankan nilai nilai islami, dari Al Qur’an/Tajwid, Fiqih, Akidah Akhlak, Nahwu Shorof & Bahasa, Takhossus Tahsin & Tahfidz dan juga Takhossus Kitab Kuning dimana kitab yang kami gunakan adalah kitab Safinatunnajah, Tijan Addarori, Aljurumiyah, Ta’lim Muta’alim, Sulam Attaufiq, Aljajariyah, dll

Sedangkan fasilitas yang bisa didapatkan santri adalah Kamar berkapasitas 4-6 Orang dimana sudah memiliki shower, Ranjang tingkat, dan juga wastafel dan lemari pakaian. Sedangkan fasilitas penunjang lainnya seperti sarana olah raga dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan santri atau siswa secara percuma.

Boarding school Al Masoem sendiri juga memiliki program tahfidz dimana kami mentargetkan sesuai dengan tingkat atau jenjang siswa itu sendiri, dengan batasan minimal lulus dari Boarding School Al Masoem tingkat SMP minimal hafal juz 30 sedangkan untuk SMA minimal hafal juz 29-30. Namun meski begitu banyak sekali lulusan SMP ataupun SMA Al Masoem yang berhasil lulus dengan hafalan yang melebihi target kita.

Kami menggunakan sistem murajaah dalam hafalan Qur'an, atau sistem mengulang ulang sampai lancar dimana setiap santri yang sudah hafalan 1 juz dan melanjut ke juz lain akan di test terlebih dahulu. testnya itu seperti melanjutkan ayat, menyambung ayat, menebak ayat dan juga tentang hukum bacaan. Dan sistem ini merupakan sistem berstandar internasional karena hampir pesantren pesantren besar di seluruh Indonesia menggunakan sistem test seperti ini. dengan sistem seperti ini juga santri tidak hanya menjadi hafal tapi juga tetap bisa mempertahankan hafalannya, karena yang sulit itu mempertahankan bukan mendapatkan.


Yayasan Al Ma’soem

Yayasan Al Ma'soem Bandung menyelenggarakan program pendidikan tingkat PG-TK, SD, SMP, SMA Full Day/Boarding School (Pesantren Siswa Al Ma'soem - PSAM). Dengan fasilitas asrama yang baik; 1 kamar ditempati oleh 4 orang (asrama putri) dan 4-6 orang (asrama putra) serta fasilitas kamar mandi di dalam kamar Plus kasur dan lemari. Fasiltas pendukung lainya seperti: lapangan futsal, kolam renang, lapangan basket, lapangan voli, jogging track, lapangan badminton, pacuan kuda, area panahan, kantin, warnet, poliklinik, dll mendukung siswa untuk mengembangkan setiap potensi yang mereka miliki. Saat ini Yayasan Al Ma'soem Bandung memiliki luas area 5 hektare.








Lulusan Al Ma'soem dapat dipastikan tahfidz Al Qur'an juz 30, dan dengan dukungan berbagai program yang diselenggarakan setiap lulusan diproyeksikan dan dimotivasi agar mampu menghapal Al Qur'an lebih dari 1 juz (juz ke-30). Program tahfidz Qur'an di Al Ma'soem telah berjalan sejak tahun 2015, dan telah menghasilkan banyak hafiz-hafiz yang baik dan berprestasi. 

Sistem Point pelanggaran menjadi ciri khas Al Ma'soem, karena bagi kami sistem pelanggaran Fisik merupakan hal yang tidak mendidik. Khusus untuk SMA, Yayasan Al Ma'soem Bandung menggunakan sistem pembelajaran SKS. dimana percepatan belajar bisa terpenuhi sesuai dengan minat dan bakat siswa.


Alamat Al Ma’soem 

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)

Jl. Raya Cipacing No. 22

Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448

info@masoem.com


Simak Juga


2. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.mochferrydwicahyono313.com/2021/02/simak-international-islamic-boarding.html&ved=2ahUKEwjduPS9y8DxAhXCxDgGHe9gCUkQFjADegQIExAC&usg=AOvVaw0OCwdRHWaykIMFy0PJOWPe




12 Comments

  1. Temenku ada yang sekolah di al Masoem katanya bagus dan fasilitasnya lengkap.. Mantap banget ya

    ReplyDelete
  2. hohoho pantesan serasa tau tentang Al Ma'soem
    ternyata beneran Yayasan Al Ma'soem dari Bandung

    di Bandung terkenal sebagai konglomerasi karena mencakup beberapa perusahaan

    Hebat ya? konglomerasi pribumi yang menyalurkan keuntungannya untuk membangun sarana pendidikan

    ReplyDelete
  3. wah lengkap banget fasilitas boarding school Yayasan Al Ma'soem ini mas
    mendukung proses belajar jadi lebih optimal

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu ternyata pondok pesantren dengan boarding school itu berbeda ya, saya kira konsepnya sama. Menarik sekali Boarding school Al Masoem, bisa jadi referensi buat ponakan yang baru sekolah

    ReplyDelete
  5. Boarding School Al Ma’soem, salah satu rekomendasi sekolah di tahun ajaran baru yang dapat dijadikan pilihan ini. Kalau di boarding school antara pelajaran umum dan pelajaran agamanya berimbang ya.

    ReplyDelete
  6. Sekolah yang menjadi idaman banyak orangtua. Pada dasarnya banyak yang mengharapkan anak menjadi penghapal Al Qur'an. Konsep boarding school juga dinilai lebih modern daripada pesantren.

    ReplyDelete
  7. InsyaALLAH nanti kalo SMA, anak saya jg pengin masuk PonPes/ Boarding School.
    Semogaaa ALLAH mudahkan.
    Bismillah.

    ReplyDelete
  8. Boarding school ini bagus ya kak dan lengkap fasilitasnya. Anak mungkin betah jika dimasukkan orang tua ke boarding school. Kadang ada anak yang tidak bisa jauh dari org tua naman demi kemandirian anak ya harus beradaptasi sih menurut saya

    ReplyDelete
  9. Kurikulum nya bagus ya ... sangat mendidik, sudah gitu para hafidz nya juga sangat berprestasi, pokoknya keren deh ....

    ReplyDelete
  10. Pendidikan yang baik untuk generasi selanjutnya yang lebih baik yah. Selain sains, pendidikan agama juga penting untuk dipelajari sejak dini.

    ReplyDelete
  11. Akhir2 ini banyak yang menyekolahkan anaknya untuk masuk sekolah yang berafiliasi pada nilai2 keislaman. Nah, pas bener nih bagi wali murid yang ingin menyekolahkan anaknya di Boarding School Al Ma’soem.

    ReplyDelete
  12. Wah referensi tempat pendidikan berasarama yang bagus nih yakak.. btw ini bisa terima anak pindahan antar semester gak ya?

    ReplyDelete

Terima kasih