Parenting Anak Usia 7 Tahun, Memahami Perilaku Anak

Parenting Anak Usia 7 Tahun, Memahami Perilaku Anak

 

Parenting anak usia 7 tahun?, ya memahami pengasuhan anak memang diperlukan penjelasan disesuaikan usia anak.  Orang tua mengasuh anak tidak bisa disamakan satu dengan lainnya, namun memerlukan pengasuhan khusus disesuaikan usia anak dan pertumbuhan mereka. Pola pengasuhan anak tepat akan membuat mereka tumbuh menjadi anak yang nyaman secara psikologis maupun perkembangannya.

 

Memahami perilaku anak dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan perilaku baik anak, yaitu dengancara memuji anak dan memberikan penghargaan saat anak melakukan hal baik kemudian mengurangi perilaku buruk anak,yaitu dengan mengetahui dampak negative kekerasan fisik dan non fisik pada anak serta mengetahui berbagai cara mengurangi perilaku buruk anak.


Parenting Anak Usia 7 Tahun, Memahami Perilaku Anak
Parenting Anak Usia 7 Tahun, Memahami Perilaku Anak

                

Parenting Anak Usia 7 Tahun

Tujuan memahami perilaku anak

1.                  Menjelaskankan dan mempraktikkan cara-cara meningkatkan perilaku baik anak.

2.                  Menjelaskan dan mempraktikkan cara menuji anak

3.               Menjelaskan dan mempraktikkan cara memberikan penghargaan saat anak melakukan hal baik

4.                  Mengidentifikasi dan menjelaskan dampak megatif kekerasan fisik dan non fisik pada anak

5.                  Menjelaskan dan mempraktikkan metode yang tepat untuk mengurangi perilaku buruk anak

 

Orang tua perlu memperhatikan perkembangan psikologi anak, misalkan orang tua memberikan penghargaan kepada anak jika melakukan perbuatan yang baik seperti rajin beribadah, belajar, berbakti kepada orang tua. Sebaliknya orang tua menghindari praktik kekerasan terhadap anak baik fisik maupun non fisik karena akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

Parenting anak usia 7 tahun, orang tua memperhatikan dan memberikan contoh dalam melakukan sesuatu, semacam keteladanan orang tua kepada anak misal orang tua mengajarkan kejujuran, anak akan meniru kejujuran sampai perjalanan usia dan tumbuh kembangnya.

Parenting anak usia 7 tahun memiliki kecenderungan anak meniru perbuatan atau perilaku yang telah dibiasakan selama di rumah, sehingga anak usia 7 tahun akan mempraktikkan di sekolah atau di masyarakat tentunya.

Semoga parenting anak usia 7 tahun memberikan informasi praktik pengasuhan dan memahami perilaku anak disesuaikan dengaan pertumbuhan dan tumbuh kembang mereka.



15 Comments

Terima kasih

  1. Memahami perasaan anak tuh penting banget ya, kadang ortu tuh hanya ingin anak yang mengerti kondisi ortu, tapi abai terhadap perasaan anak, kayak saya nih, hiks.
    Thank atas tulisannya, jadi pengingat buat saya juga :)

    ReplyDelete
  2. Ternyata di usia 7 tahun anak sudah mulai memiliki kecenderungan meniru perbuatan dan perilaku yang dibiasakan saat berada di rumah, ya? Perlu perhatian lebih dari orang tua dan memberikan penjelasan mana yang baik mana yang tidak baik saat dia berada di lingkungan masyarakat atau sekolah

    ReplyDelete
  3. Pengasuhan anak 7 tahun memang beda ya dengan yang di bawah atau di atas umurnya. Biasanya umur 7 tahun masih kelas 1 atau 2 SD ya, jadi perlu diarahkan bener2 itu anak biar gak salah aturan bermain. Orang tua harus pintar mengarahkan prilaku, nilai, dan moralitas mereka di lingkungan sekitar maupun di sekolah.

    ReplyDelete
  4. Setiap orang tua penting untuk tahu cara praktik pengasuhan anak yang disesuaikan dengan tumbuh kembangnya :)

    ReplyDelete
  5. Ada banyak orang tua yang menganggap bahwa memahami perilaku anak bukanlah hal yang sepele. Misal, saat anak suka mengejek temannya suka dibiarin aja. Katanya, namanya juga anak-anak. Ntar juga akur lagi.

    Padahal ini bisa jadi calon tumbuhnya pembuly.

    Tulisan ini menjadi sebuah pengingat untuk orang tua dan calon orang tua agar lebih memperhatikan perilaku anak demi kebaikan anak sendiri.

    ReplyDelete
  6. Mendidik anak di usia keemasan mereka memang banyak tantangan dan trik khususnya. Seperti kata pepatah, anak itu bagai kertas putih. Seperti apa dan dengan apa kita memberikan coretan di kertas itu, maka akan begitulah personality mereka.

    ReplyDelete
  7. Kekerasan pada anak, baik fisik maupun nonfisik itu pasti akan sangat menyakiti perasaan anak. Dan akan berbahaya jika terus terbawa sampai mereka dewasa

    ReplyDelete
  8. Usia 7 tahun anak makin sadar dengan kemampuan dirinya, sehingga pasti langsung merasa jika orang tua membandingkan dirinya dengan anak lain. Ini juga harus mendapat perhatian khusus. Memberi reward berupa pujian untuk anak jika dia melakukan hal baik menurut saya sangat penting.

    ReplyDelete
  9. nomor 5 itu PR banget ya karena tantangan pastinya buat orang tua bisa mempraktikkannya. Salut sama semua orang tua. Mereka orang2 kuat dan hebat. Karena sering denger2 soal parenting, aku dapat menyimpulkan bahwa ilmu parenting dan praktiknya ga semudah itu.

    ReplyDelete
  10. Usia 7 tahun berarti kelas 1 SD ya?
    Nano nano banget deh rasanya
    Rasanya masih pingin dipangku dan digendong tapi kok udah gede? 😀😀😀

    ReplyDelete
  11. Anak-anak itu perlu sekali didikan orang tuanya,tentu peran sebagai orang tua pun besar nih. Anak 7 tahun sudah mulai harus bisa shalat kalo dulu saya pelajari. Perkembangan psikologi lainnya pun tentu harus jadi perhatian orang tua sih.

    ReplyDelete
  12. Aku belum punya anak tapi ada rencana suatu hari nanti, tapi makasih banyak infonya, memang penuh trik ya dalam memahami anak hehe.

    ReplyDelete
  13. Cocok nih artikelnya. Anak saya usia 7 mo 8 tahun. Emang usia segitu harus diberi contoh tindakan apa aja yg boleh dan tidak. Dengan begitu ia mampu bersosialisasi dengan baik karena sudah melihat contohnya. Semoga bisa menjadi contoh yg baik buat anak2. PR kami banget ini

    ReplyDelete
  14. Umur 7 tahun itu tricky memang harus mengenal banget anak dan mengarahkan ke yang benar.. syukurla aku ketemu artikel ini

    ReplyDelete
  15. Tepat sekali, kebetulan anakku usianya 7 tahun, semua poinnya sedang ku aplikasikan di khidupan sehari-hari.. memang anak sekarg bukanlah anak dulu hehehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post