Website Sebagai Aset Digital Profesional


Website Sebagai Aset Digital Profesional
Pixabay.com. Website Sebagai Aset Digital Profesional


Website Sebagai Aset Digital Profesional

Manusia semenjak dahulu telah menggunakan informasi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Beragam kebutuhan hidup manusia lambat laun menjadi semakin kompleks dan cepat. Informasi menjadi kebutuhan pokok siapa pun tentunya bukan?

Seiring berkembangnya teknologi, maka ada pergeseran transfer informasi, baik secara waktu, maupun intensitasnya. Percepatan transformasi informasi semakin tidak terelakkan tentunya.

 

Website dan Digital

Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Website dapat dibuka dengan menuliskan URL atau alamat website di browser atau Website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses publik dan saling terkait yang berbagi satu nama domain. Website dapat dibuat dan dikelola oleh individu, grup, bisnis, atau organisasi untuk melayani berbagai tujuan.

Sedangkan pengertian digital sebagaiberikut Digital berasal dari kata digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Demikian kata Wikipedia. Media digital adalah media yang dikodekan dalam format yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable).

Kata digital sudah resmi menjadi bahasa Indonesia. Ia merupakan kata sifat.

Menurut KBBI Daringdigital artinya “berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran”.

Kedua istilah tersebut diatas saling melengkapi sebagai bagian informasi yang dibutuhkan manusia, yaitu website dan digital.

 

Website sebagai Aset Digital Profesional

Website sebagai aset digital professional inilah yang kita bahas pada kesempatan saat ini. Website sebagai media atau platform informasi baik personal, organisasi, bisnis, pemerintahan merupakan wadah informasi yang memanfaatkan internet sebagai penghubungnya. Beragam kebutuhan informasi ditata, dikelola untuk disajikan kepada pembaca sesuai segmentasi informasi yang telah tersedia tentunya bukan?

Menilik perjalanan informasi yang berkembang secara pesat website menjadi solusi kebutuhan manusia. Cukup duduk di depan laptop, gawai dengan kondisi apa pun terhubung dengan internet dan mencari melalui mesin pencarian maka kita semua akan mudah mendapatkan informasi dengan beragam sudut pandang menulis masing – masing melalui website yang tersedia.

Website sebagai salah satu produk artificial intelektual (AI) manusia akan mendukung pekerjaan manusia menjadi lebih tertata, rapid dan informasi yang didapatkan menjadi lebih cepat bahkan antar generasi pun.

Kenyataan ini lah yang membuat website sebagai asset digital professional dibutuhkan manusia. Jejak informasi yang ditulis oleh penulis melalui website akan mudah diakses kembali oleh pembaca sesuai apa yang diinginkan. Bahkan website banyak juga dikelola oleh media mainstream maupun pengelola website yang telah memahami SEO (Seacrh Engine Optimatizion).

Pengelola website sebagai asset digital professional selain digunakan sebagai media informasi digital juga bias digunakan sebagai salah satu investasi digital seperti mencari uang, mengembangkan usaha secara online, kerjasama periklanan dengan pihak ketiga, atau pun membangun suatu personal branding seseorang.

Beberapa peran media website sebagai aset digital professional semakin waktu semakin meningkat penggunanya. Seolah informasi memang saling terhubung satu sama lain, ini lah peluang website sebagai asset digital professional.

Alhamdulillah, semoga pemaparan singkat website sebagai asset digital semoga memberikan dampak positif bagi pembaca dan penulis, aamiin.

23 Comments

  1. Website dan dunia digital sudah tidak bisa dipungkiri keberadaannya sangat berharga, sangat penting bagi siapapu, utamanya dunia bisnis. Tak lagi perlu menempuh jarak berkilo-kilo meter, menghabiskan dana jutaan sekedar untuk tahu siapa dan bagaimana suatu bisnis. Melalui website hemat anggaran juga

    ReplyDelete
  2. kita memang nggak boleh ketinggalan ya, era digital ini mesti dimanfaatkan sebisa mungkin, syukur bisa jadi asset, mantap tuh

    ReplyDelete
  3. Dulu, saya kira website hanya dibutuhkan oleh mereka yang bergelut di bidang bisnis. Untung segera sadar bahwa website adalah investasi...

    ReplyDelete
  4. Aku Dennise, selalu suka deh dengan pembahasan Kak Ferry. Jujur aku termasuk gaptek, dengan adanya artikel ini wawasanku semakin bertambah.

    ReplyDelete
  5. setuju banget

    sebagai tolok ukur profesionalitas, baik perusahaan swasta maupun lembaga sosial sangat membutuhkan website

    ReplyDelete
  6. Sekarang sudah banyak yang melek akan teknologi digital ya, Mas. Salah satunya penggunaan website. Dimana dulu berfungsi utk bisnis besar. Kini sudah merakyat bisa digunakan oleh siapapun dan dalam keperluan apapun.

    ReplyDelete
  7. Aku sudah menganggap website sebagai rumah digital sih. Meski udah mirip sebagai etalase toko... Makanya sepakat sih kalau website juga dibilang sebagai aset digital. HEhehehe

    ReplyDelete
  8. Nah, ini aku setuju banget websute sebagai aset digital profesional, apalagi era digital macam begini. Sudah mnjadi kebutuhan atau portofolio juga bagi mereka

    ReplyDelete
  9. Syukurlah kita bagian dari penggunaan kecanggihan teknologi digital. Dan tanpa disadari kitapun telah menikmati aset digital tersebut

    ReplyDelete
  10. website jaman sekarang ini memang bagus dan penting sih dijadikan sebagai aset digital untuk para pebisnis, freelancer dan profesional

    ReplyDelete
  11. sebagai pemilik blog saya juga merasakan banyak manfaat dari kegiatan menulis, jadi belajar time management dan juga belajar hal baru tentang dunia blogging yang ternyata luas banget

    ReplyDelete
  12. Sangat sepakat nih artikel. Yah, ini semacam aset masa depan kita. Apalagi kalau kite ini bukan abdi negara... hehehe

    ReplyDelete
  13. Setuju sekali
    Apalagi di era digital seperti saat ini, harus memanfaatkan peluang sebanyak mungkin ya kak

    ReplyDelete
  14. Betul sekarng website bisa menjelma jadi aset digital dan memperoleh cuan. Saya sudah membuktikan dan bisa untuk mengembangkan karir dan penghasilan juga.

    ReplyDelete
  15. Di era digital, website udah jadi sebuah aset yang berharga. Apalagi kalau sudah menghasilkan, tinggal dioptimasi lagi biar makin joss. Blogger wajib punya aset digital yang berharga, siapa tau bisa diwariskan ke anak cucu nanti...

    ReplyDelete
  16. Oh, berarti website termasuk aset digital ya Pak. Harus dijaga nih. Proteksi sebisa mungkin agar tidak dimanfaatkan oleh yang tidak bertanggungjawab.

    ReplyDelete
  17. Saya tidak pernah memikirkannya sampai ke sana. Tapi kalau dipikir-pikir benar juga ya. Blog saya adalah aset digital saya. Saya sebut blog gapapa ya, karena memang fungsinya untuk mencari cuan juga.

    ReplyDelete
  18. Punya web blog satu-satunya aja ini udah sayang banget. Apalagi kalo kayak dirimu ya mas, punya banyak website. Aset digital banget tuh.

    ReplyDelete
  19. Sama halnya dengan website, blog juga bisa jadi aset untuk pemiliknya ya pak. Saya merasa bersyukur bisa masuk ke ranah digital ini. Dan semoga saja bisa menjaga dengan baik aset blog ini

    ReplyDelete
  20. Website sudah menemani kehidupan manusia selama beberapa dekade terakhir. Sekarang semakin banyak jenis website dan semakin banyak pula fiturnya. Sebagai blogger, blog kita juga termasuk website

    ReplyDelete
  21. Website memang aset digital profesional yang serba bisa ya. Termasuk menghasilkan cuan dan berkarya.

    ReplyDelete
  22. Saya dulu tidak pernah membayangkan kalau website akan maju sepesat ini. Sampai tahun 90an, website hanya dimiliki perusahaan-perusahaan besar. Sekarang? Banyak orang yang punya website sendiri. Setiap orang bebas berekspresi di website pribadi.

    ReplyDelete
  23. Beruntung banget deh saya kenal blog. Dan sepertinya karena saya pakai platform wordpress, website jadi lebih mudah dibuat.

    ReplyDelete

Terima kasih