Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya

Pixabay.com. Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya
Pixabay.com. Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya



Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya

Literasi Digital


Literasi merupakan sebutan universal yang merujuk kepada seperangkat keahlian serta keahlian orang dalam membaca, menulis, berdialog, menghitung, serta membongkar permasalahan pada tingkatan kemampuan tertentu yang dibutuhkan dalam kehidupan tiap hari. Sehingga, literasi tidak dapat dilepaskan dari keahlian berbahasa.[1]

Sebutan literasi diucap selaku literatus, maksudnya merupakan orang yang belajar. Berikutnya, National Institute for Literacy menarangkan kalau yang diartikan dengan literasi merupakan keahlian seorang buat membaca, menulis, berdialog, menghitung, serta membongkar permasalahan pada tingkatan kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan, keluarga, serta warga. Education Development Center( EDC) pula ikut menjabarkan penafsiran dari literasi, ialah keahlian orang memakai kemampuan yang dimilikinya, serta tidak sebatas keahlian baca tulis saja. UNESCO pula menarangkan kalau literasi merupakan seperangkat keahlian yang nyata, spesialnya keahlian kognitif dalam membaca serta menulis yang terlepas dari konteks di mana keahlian yang diartikan diperoleh, dari siapa keahlian tersebut diperoleh serta gimana metode memperolehnya.

Digital ialah penggambaran dari sesuatu kondisi bilangan yang terdiri dari angka 0 serta 1 ataupun off serta on( bilangan biner). Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang berusia, hingga berjumlah 10( 10). Nilai 10 tersebut terdiri dari 2 radix, ialah 1 serta 0. Seluruh sistem pc memakai sistem digital selaku basis informasinya. Bisa diucap pula dengan sebutan bit( binary digit).

Literasi Digital Inklusif( disingkat LIDI) merupakan bagian dari program Hackathon Merdeka yang khusus mengarahkan literasi digital kepada kanak- kanak sekolah setara SMP di daerah- daerah di segala Indonesia. Sebab targetnya merupakan anak serta anak muda, modul yang diajarkan merupakan permainan development. Program ini awal kali diinisiasi di Sleman, Yogyakarta, serta ditularkan ke daerah- daerah lain selaku percontohan.[1][2][3]

Bersumber pada halaman Wikipedia, revolusi digital pula dapat kita katakan selaku bentuk globalisasi, ialah proses integrasi yang dicoba secara internasional sebab terdapatnya pertukaran pemikiran dunia, pemikiran, produk, serta bermacam aspek kebudayaan lain sebab terdapatnya kenaikan infrastruktur telekomunikasi internet serta moda transportasi.


Sebagian manfaat lain dari masa digital merupakan sebagai berikut:

1. Kemudahan Dalam Berkomunikasi

2. Mobile serta Fleksibel

3.Internet Lebih Dominan Daripada Pemakaian Pulsa

4. Mudah Berbelanja serta Mendapatkan Bermacam Perihal yang Diperlukan


Contoh Digital Marketing

Digital Marketing


Digital marketing ataupun pemasaran digital pula mempunyai makna yang lebih luas. Digital marketing bagi para pakar merupakan pemakaian teknologi digital serta fitur yang didukung koneksi internet buat menggapai sasaran pemasaran( Rob Thompson dari Trendjackers). Jadi, definisi digital marketing dapat disimpulkan selaku aktivitas pemasaran yang mengaitkan pemakaian jaringan serta teknologi digital buat menggapai tujuan pemasaran tertentu.


Contoh Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Berikut strategi digital marketing buat tingkatkan penjualan Kamu:

1. Search Engine Marketing( SEM)

Strategi digital marketing yang satu ini ini mengaitkan pemakaian mesin pencari, semacam Google, Bing, Yahoo, ataupun Facebook. SEM sendiri dipecah jadi 2 zona, ialah SEO serta PPC.

Search Engine Optimization

Metode ini dicoba dengan mengoptimasi konten digital marketing Kamu supaya timbul di taman awal Google tanpa wajib membayar ke penyedia iklan. Buat lebih lengkapnya, silakan baca postingan kami tentang SEO serta metode menerapkannya.

Pay- per- Click( PPC)

Berbeda dengan SEO, PPC dicoba dengan membayar beberapa bayaran kepada penyedia iklan supaya modul digital marketing Kamu senantiasa terletak di hasil paling atas dikala calon pelanggan mencari keyword tertentu cocok produk Kamu. Hasil yang timbul dari PPC umumnya mempunyai label“ Angkatan darat(AD)” ataupun“ Iklan”.

2. Influencer/ Affiliate Marketing

Benar, semacam yang telah Kamu duga, metode digital marketing ini mengaitkan pihak lain, ialah influencer ataupun mitra afiliasi buat menolong Kamu memasarkan produk.

Influencer marketing dicoba dengan membayar jasa influencer di internet, kemudian influencer tersebut hendak memasarkan produk Kamu kepada pengikutnya di jejaring sosialnya.

Affiliate marketing mengaitkan mitra, serta Kamu membayarkan komisi kepada mitra tersebut apabila mereka sukses menjual produk Kamu. Contohnya, Hostinger mempunyai program afiliasi buat memasarkan produk secara lebih luas.

3. Content Marketing

Semacam namanya, metode digital marketing ini dicoba dengan bermacam proses yang mengaitkan konten, baik dengan membuat, mengelola, ataupun memposting konten. Kamu memakai konten buat“ membujuk” pengguna membeli produk ataupun jasa yang Kamu tawarkan.

Nah, buat mendukung content marketing, sangat dianjurkan supaya Kamu membuat web sendiri, dengan memilah nama domain yang pas serta layanan website hosting terbaik. Apabila telah mempunyai web, spesialnya yang SEO- friendly, Kamu dapat mengoptimasi konten di web Kamu supaya timbul di taman awal mesin pencari sehingga bisnis Kamu lebih diketahui secara luas.

4. Email Marketing

Email marketing merupakan strategi digital marketing yang dicoba dengan mengirimkan email kepada pelanggan( subscriber). Poin utama metode ini tidaklah semata- mata mengirimkan email, tetapi gimana Kamu buatnya semenarik bisa jadi supaya pelanggan ingin membacanya, apalagi mengeklik promosi dalam email Kamu.

5. Social Media Marketing

Strategi pemasaran ini dicoba lewat media sosial, baik dengan mengoptimasi konten Kamu ataupun dengan“ menitip” iklan di jejaring sosial. Kamu dapat promosi bisnis lewat TikTok, Facebook, Twitter, ataupun YouTube. Nyaris seluruh platform media sosial saat ini sediakan layanan buat mempromosikan bisnis.

6. Viral Marketing

Viral marketing merupakan metode pemasaran yang dicoba sekreatif bisa jadi supaya orang- orang tertarik buat membagikannya secara luas.

7. Mobile Marketing

Tata cara ini memakai media berbentuk fitur seluler, tetapi dengan metode tidak hanya memakai koneksi Internet. Mobile marketing sendiri dipecah jadi 2 wujud, ialah telemarketing serta SMS marketing.

Telemarketing

Metode ini dicoba lewat telepon, dengan menghubungi no ponsel pelanggan. Selaku contoh, industri yang sering memakai metode ini merupakan perbankan ataupun pembiayaan( finance). Telemarketing pula dapat digunakan selaku tata cara yang lumayan efisien buat retensi pelanggan, sebab dirasa lebih personal serta membuat pelanggan merasa istimewa.

SMS Marketing

Tata cara ini dicoba memakai layanan SMS buat mengirimkan pesan promosi massal ke no ponsel pelanggan. Walaupun saat ini SMS telah tidak sering sekali digunakan buat berbicara, sebagian industri masih memakai metode ini buat mempromosikan produk ataupun layanan mereka. Salah satu keunggulannya merupakan metode ini dapat dicoba dengan kilat serta lebih murah, diucap dengan“ SMS Blast”.

8. Radio Advertising

Jangan salah, radio advertising pula tercantum digital marketing strategy loh. Metode ini sempat sangat terkenal dikala pendengar radio masih sangat banyak. Walaupun begitu, dengan kecanggihan teknologi dikala ini yang membolehkan radio didengarkan lewat Internet, metode ini pula masih lumayan jitu buat memasarkan produk Kamu.

9. Televisi Advertising

Beriklan di Televisi hingga dikala ini masih jadi salah satu yang sangat terkenal. Kamu dapat membeli slot buat beriklan ke stasiun tv buat memasarkan produk. Terus menjadi terkenal kegiatan yang lagi tayang, umumnya terus menjadi mahal pula slot iklannya. Jenis- jenis iklan yang ditampilkan pula bermacam- macam, semacam iklan di antara sela waktu kegiatan, iklan running text, ataupun yang ditampilkan langsung dalam acaranya( sponsor).


Contoh Digital Marketing


1. NetFlix Contoh Digital Marketing yang Sukses

Contoh awal tiba dari platform streaming asal Amerika Serikat ialah Netflix. Mereka menjual bermacam kemudahan serta mutu no satu bermacam film. Wajib diakui angka langganannya lumayan mahal. Apabila dibanding dengan bermacam kompetitornya semacam disney plus, catchplay, cuma saja platform ini menawarkan pengalaman yang berbeda.

2. Gojek Contoh Digital Marketing yang Sukses

Nama Gojek tentu telah tidak asing lagi ditelinga, dimana layanan tersebut membagikan pergantian besar untuk Indonesia. Lompatan semacam ini yang memanglah wajib dimanfaatkan serta dapat ditiru generasi penerus.

3. Tokopedia Contoh Digital Marketing yang Sukses

Diantara bermacam E- Commerce di Indonesia wajib diakui Tokopedia jadi yang awal serta hingga dikala ini masih di hati para pelanggannya. Meski telah banyak pemain turun, menawarkan bermacam kebutuhan.

4. By. U Contoh Digital Marketing yang Sukses

Selanjutnya merupakan By. U operator telepon seluler ini dinilai sangat berhasil merebut hati pelanggan provider lain. Mereka melaksanakan metode digital marketing dengan join ataupun bekerja sama, memperoleh hasil.

5. Jenius BTPN Contoh Digital Marketing yang Sukses

Akibat terbanyak dari pemakaian teknologi merupakan bank, dimana seluruh telah alihkan manual jadi digital seluruh. Langkah BTPN dalam menangkap kemauan pasar tersebut kesimpulannya disambut baik, tidak heran apabila penggunanya banyak.

Mudah- mudahan pembahasan contoh digital marketing membagikan bekal untuk penunjang kegiatan usaha yang hendak serta lagi ditekuni.


Contoh Digital Marketing, Kenali Kesuksesannya

Sumber Referensi:

1. https:// id. wikipedia. org/ wiki/ Literasi

2. https:// id. wikipedia. org/ wiki/ Literasi_Digital_Inklusif

3. https:// id. wikipedia. org/ wiki/ Digital

4. https:// accurate. id/ teknologi/ digital- adalah/

5. https:// www. hostinger. co. id/ bimbingan/ apa- itu- digital- marketing

6. https:// www. dreambox. id/ web/ contoh- digital- marketing- yang- sukses- dan- dapat- anda- tiru/


40 Comments

  1. Hai kak ini Dennise. Baca pembahasan tentang Digital Marketting aku seperti ikuti kursus, benar-benar detail membahasnya. Jadi melek nih. Aku termasuk yang GapTek juga pengetahuan dalam bidang ini. Thanks ya untuk pencerahannya

    ReplyDelete
  2. Ada banyak sekali memang contoh digital marketing. Tinggal kita mau fokusnya dimana gitu. Kayak aku misalnya. Beberapa waktu belakangan ini, aku lagi asyik sama affiliate marketing gitu... Hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajarin dong mbak, gimana triknya bisa sukses affilate marketing. Saya pernah daftar di satu brand, tapi bingung selanjutnya mau ngapain

      Delete
  3. Manfaatnya yang internet lebih digunakan dibandingkan pulsa bener banget, hehehe. Mesti fokus nyari kuota sama wifi. Kemudian saya juga pengguna netflix dan gojek. Mantap kakak tulisannya

    ReplyDelete
  4. banyak manfaat digital marketing ya?

    mulai memangkas biaya marketing, jangkauan pembeli lebih luas dan sebagainya

    ReplyDelete
  5. Zaman now keberadaan digital marketing memang sangat penting ya kalau usaha kita pengen maju...

    ReplyDelete
  6. Selama pandemi ini semakin banyak aplikasi streaming yang muncul, namun demikian Netflix sepertinya sudah mencuri hati pelanggannya sejak dulu..

    ReplyDelete
  7. saat ini memang jaman digital yang kita hadapi, jadi sebaiknya kita gunakan marketing digital dalam rangka usaha pengembangan lebih maju lagi

    ReplyDelete
  8. Luas sekali pengetahuan tentang digital marketing ini ya. Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan jaman, semakin banyak ilmu yang harus digali dan harus dikuasai oleh generasi-generasi sekarang agar kemajuan teknologi bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi berbagai sisi kehidupan.

    ReplyDelete
  9. digital marketing ini lebih luas jangkauannya yaa, kak, dengan begitu potensi suksesnya juga lebih besar

    ReplyDelete
  10. Zaman sekarang banyak banget ya mbak contoh digital marketing yang sukses. Malah pekerjaan dulu sekarang udah banyak tergantikan dengan pekerjaan baru yang tentunya lebih memudahkan. Misalnya dulu ada ojek atau angkot, perlahan-lahan orang mulai beralih ke kendaraan online. Baik itu gojek, gocar, grab, maxim, dan banyak lagi lainnya. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari digital marketing yang berhasil.

    ReplyDelete
  11. Viral marketing nih yang baru aku tahu. Ngarep deh ada contoh jelasnya sama prosesnya. Tapi mampir ke mari bantu aku mengingat ingat lagi materi kuliah di kampus dulu.

    ReplyDelete
  12. saat ini memang digital marketing sangat perlu untuk usaha, bahkan usaha kecil pun punya karyawan unt digital marketimg. makasih pencerahannya ya

    ReplyDelete
  13. banyak ternyata jenis dan macam dari digital marketing ya mba. terbantu saya setelah membaca informasi di artikel mba ini.

    ReplyDelete
  14. Literasi digital ini emang mesti dikenalkan pada anak-anak sejak dini ya. Digital marketing pun ternyata banyak macamnya, jadi para pelaku usaha tinggal pilih saja mau pakai jenis yang mana untuk mempromosikan produknya

    ReplyDelete
  15. Banyak banget digital marketing ya, dan itu terus berkembang dengan semakin digitalnya semua aspek yang terhubung dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Contoh sukses digital marketing juga sangat banyak, bersaing dalam pelayanan terbaik ya.

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau kalau yang paling sukses di kalangan provider itu by U, ya. Jadi penasaran gimana strategi digital marketing semua brand di atas.

    ReplyDelete
  17. Semakin hari semakin berkembang ya digital marketing ini rasanya belum cukup paham ilmu digital marketing A eh besok udah ada lagi A+ heheh semangat belajar lagi kalau gitu

    ReplyDelete
  18. Ini dia yang akhir-akhir ini viral: digital marketing.
    Pembahasannya lumayan luas ya...
    Harusnya ada fakultas khusus ya: fakultas ekonomi jurusan digital marketing...

    ReplyDelete
  19. Digital marketing emang banyak ya bidangnya, saya dulu udah pernah belajar semua bidang sekilas jadi pengen fokus 1 deh.

    ReplyDelete
  20. Kalo untuk umum paling mudah dan murah yang mana pak metodenya? Nan gaptek pula, hihi

    ReplyDelete
  21. Luas banget ya digital marketing itu., Belajarnya juga musti telaten

    ReplyDelete
  22. Ka ini Dennise. Luas ya dunia digital marketing itu.Jadi melek loh dengan pengetahuan baru ini. Kita kalau tidak mengikuti perkembangan digital marketing bisa ketinggalan zaman

    ReplyDelete
  23. Baca artikel ini lagi menyadarkan saya bahwa ilmu digital marketing saya tuh baru seujung kuku kelingking. Masih banyak yang saya belum tahu dan kuasai.

    ReplyDelete
  24. Banyak juga perusahaan Indonesia yang sukses dengan memanfaatkan digital marketing

    ReplyDelete
  25. Jaman sekarang harus pintar mencari peluang untuk berbisnis. Salah satunya dgn pemanfaatan peluang digital marketing. Dan dari beberapa contoh pemasaran digital diatas, bagus untuk diterapkan

    ReplyDelete
  26. andaikan seluruh pelaku UMKM sudah paham dan mengaplikasikan digital marketing ya?

    karena digital marketing bisa meningkatkan income mereka

    ReplyDelete
  27. Wah, bermanfaat banget nih tulisannya. Aku baru kenal dengan beberapa metode marketingnya. Baca lagi pelan-pelan ah. Kepengen deh bisa digital marketing berdasarkan contoh-contoh yang disebutkan itu.

    ReplyDelete
  28. Dengan mengerti digital marketing akan memudahkan untuk meluas pangsa pasar

    ReplyDelete
  29. Seiring perkembangan jaman ya, digital marketing disasarkan menggunakan media online, berarti nulis blog juga termasuk digital marketing ya, review-review jujur hehe

    ReplyDelete
  30. Suamiku kerja di bidang digitalmarketing, membantu beberapa perusahaan untuk di up...Enaknya kerja begini waktunya bisa kita atur sendiri, kerjanya juga bisa remote dari rumah saja....

    ReplyDelete
  31. AD = Angkatan Darat 🤣

    Ya iya sih memang ada tulisan biru2nya AD tapi ya bukan Angkatan Darat juga kali kak min wkwkwkwk.... .

    Kalau saya pribadi selama ini lagi mencoba optimasi SEO On Page.

    ReplyDelete
  32. digital marketing semakin banyak ragamnya ya. Dunia berubah, metode pemasaran pun juga harus berubah

    ReplyDelete
  33. wah langsung deh Dewi save artikelnya. Kaya manfaat banget infonya, Makasih ya kak:) zaman sekarang penting banget untuk tahu digital marketing...

    ReplyDelete
  34. aku pernah baca soal Search Engine Marketing( SEM) nih, biar artikel atau link kita muncul di serp no.1 dan ini berbayar ya. kalau untuk bisnis sih ini oke banget. cuman aku belum nih penyedia jasa nya

    ReplyDelete
  35. Panjang nih kalau mau bajas Digital Marketing. Sekarang segalanya dipasarkan melalui platform digital. Jadi banyak-banyak lah kita belajar beradaptasi dengan berbagai media yang berpotensi untuk pemasaran.

    ReplyDelete
  36. seiring perkembangan zaman yang kian pesat, hampir semua lini sudah merambah dunia digital yaa, jadi bila kita tidak ikut, maka kita akan ketinggalan

    ReplyDelete
  37. Saat ini penguasaan digital marketing penting banget ya.. Mengingat sekarang apa-apa dicari via internet...

    ReplyDelete
  38. dulu orang-orang kalau ingin menjual produk, ada yg melakukan menjual produknya sampai door to door. tapi sekarang, sudah hampir hilang cara tersebut. digantikan digital marketing.

    ReplyDelete
  39. kalo pakai jalur digital buat marketing jadi bisa menjangkau calon pelanggan lebih luas lagi ya Kak, mantap nih banyak contohnya juga yang bisa dipelajari.

    ReplyDelete

Terima kasih