Meraih Skor Toefl Maksimal Studiva Pilihannya

Ilustrasi gambar pixabay.com. Meraih Skor Toefl Maksimal Studiva Pilihannya
Ilustrasi gambar pixabay.com.
Meraih Skor Toefl Maksimal Studiva Pilihannya  



Meraih Skor Toefl Maksimal Studiva Pilihannya  


Berikut adalah beberapa tips dan cara meraih skor TOEFL yang tinggi di setiap bidangnya. Simak selengkapnya hanya di web ini, sekarang juga!


Bagaimanakah Cara Meraih Skor TOEFL yang Tinggi?


Cara meraih skor TOEFL yang tinggi adalah dengan mengikuti kursus TOEFL dan cara tersebut baik dilakukan, bahkan lebih baik ketimbang mengikuti kursus persiapan.


Melalui simulasi tersebut, kita dapat lebih percaya diri ketika menghadapi tes yang sebenarnya.


Selain itu, ada beberapa usaha yang dapat kita lakukan ketika tes TOEFL. Nah, berikut ini adalah beberapa cara meraih skor TOEFL yang tinggi pada setiap bidang soalnya.

 

Listening Comprehension

 

Dalam TOEFL, dengaran yang digunakan untuk bagian Listening adalah dengaran beraksen american. Oleh sebab itu, pastikan sebelumnya kita sering mendengarkan bahasa Inggris american. Selain itu, berikut ini adalah tips dan cara meraih skor TOEFL yang tinggi.

 

1.Berlatih mengenali tekanan, nada, dan perbedaan bunyi huruf.


2.Pahami bentuk idiom atau idiom expression. Hal ini akan menghindarkan kita dari salah pengertian makna kalimat yang merupakan ungkapan.


3.Kuasai frasa atau kelompok kata kerja.


4.Belajar mencari makna pragmatis atau makna yang tersurat.


5.Simpulkan dengan cepat dan tepat isi atau makna dari percakapan.


6.Ketahui bagaimana saja bentuk perintah atau pertanyaan yang muncul di bagian ini.

 

Ketika menghadapi soal atau sedang menjalankan tes, gunakan cara meraih skor TOEFL yang tinggi berikut ini:


1.Dahulukan untuk memahami bentuk perintah atau direction pada masing-masing bagian soal listening.


2.Baca sebanyak-banyaknya pilihan jawaban yang ada pada soal ketika narator belum membacakan teks penting. Kita harus pandai mencuri kesempatan ketika bagian ini berlangsung.


3.Fokuslah pada dengaran, namun jangan lupa untuk menghubungkan dengan pilihan jawaban yang sebelumnya telah dibaca cepat.


4.Maksimalkan soal-soal pertama di setiap bagiannya, karena tingkat kesulitannya tidak cukup tinggi.

 

Structure and Written Expression

 

Bagian ini merupakan bagian terlemah bagi kebanyakan peserta. Namun, kamu bisa menerapkan tips dan cara meraih skor TOEFL yang tinggi di bagian menulis ini, sebagai berikut.

 

1.Melatih kecepatan menulis supaya tidak membuang banyak waktu ketika menghadapi tes.


2. Kuasai ejaan dan tata bahasa Inggris secara baik.


3.Terbiasakan membuat poin sebelum akhirnya menulis. Hal ini akan membuat kita tidak perlu mengulang suatu gagasan di paragraf selanjutnya.


4. Kuasai materi yang berkaitan dengan subjek dan predikat, appositive, participle, konjungsi, reduced sentence, serta bentuk inversi.


5. Kuasai materi subjek dan kata kerja, bentuk dan fungsi kata kerja, parallel structure, comparatives dan superlatives, passive voice, kata benda (noun), article, pronoun, adjective, adverb, dan preposition.

 

Selain persiapan-persiapan tersebut, beberapa cara meraih skor TOEFL yang tinggi yang bisa dilakukan ketika menghadapi soal adalah sebagai berikut.

 

1.Pilih untuk mengerjakan soal struktur terlebih dahulu, baru mengerjakan ke bagian written expression.


2.Kuasai variasi tipe soal yang berbentuk kelengkapan kalimat berumpang, pengoreksian bagian kalimat yang keliru, dan mengidentifikasi masalah dari frasa bergaris bawah.

 

Reading Comprehension


Dalam bagian ini, peserta akan dituntut untuk mengetahui tema bacaan, pikiran pokok, dan arti kosa kata tertentu. Selain itu, kita juga akan diminta untuk mencari informasi tertentu, memberikan kesimpulan, mengidentifikasi atas pengecualian-pengecualian, dan memahami rujukan pronoun tertentu.

 

Teks-teks yang disajikan biasanya mengenai hal-hal akademis seperti biologi, geografi, fisika, sejarah Amerika, biografi tokoh, ekonomi, ilmu-ilmu sosial, dsb. Cara meraih skor TOEFL yang tinggi dari bagian ini adalah sebagai berikut.

 

1.Jangan membaca ulang atau terlalu lama membaca teks bacaan. Kita hanya butuh mengenai kata kunci dan memperhatikan pernyataan yang ada di dalamnya.


2.Ketahui topik teks, meskipun temanya masih asing dari pengetahuan kita.


3.Beri perhatian lebih pada kalimat pertama dari sebuah bacaan.


4.Scanning untuk mengumpulkan fakta-fakta dalam bacaan.


5.Ketahui cara membaca paragraf yang baik dan benar, serta cepat.


6.Segera melewati pertanyaan yang sulit dan memecah konsentrasi, ulangi lagi nanti.

 

Itulah tadi beberapa cara meraih skor TOEFL yang tinggi di setiap bidang soal. Jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi latihan soal yang meskipun tidak sama persis, tetapi dapat menambah pengetahuan dan secara teknis akan membuat kita lebih percaya diri nantinya.

 

28 Comments

  1. Waaah tipsnya mantap bener
    Jadi ingat duluuuu banget pernah ikut tes TOEFL
    Buat saya yang paling berat itu bagian listening, rasanya aneh dengar pelafalan aslinya
    Dulu itu latihannya banyak nonton film dan dengerin lagu berbahasa Inggris hehe
    Makasi tipsnya ya kakak

    ReplyDelete
  2. Aku aja yang dulunya kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris harus 2 kali ikut test baru lulus TOEFL score 550. Soal-soalnya agak tricky sih menurutku. Kita bisa pelajari tips dan trick untuk menjawab soal TOEFL dengan mudah. Tuh di Studiva diajarin strateginya. Jadi dapat svore di atas 500 bisa lah yaaa.. Semangat!!

    ReplyDelete
  3. toefl sekarang sangat diperlukan sekali ini kak, ketika ingin melanjutkan pendidikan pasca sarjana. bisa jadi solusi meningkatkan nilai toefl nih

    ReplyDelete
  4. Dari dulu aku paling susah belajar bahasa inggris, gak tahu kenapa. KAlau grammar sih masih bisa dikejar. Tapi kalau sudah masalah listening... hand's up deh
    MAkasih ya kak tips-tips nya banyak membantu lho

    ReplyDelete
  5. Thank you banget mba atas tipsnya. Molly emang pengen les toefl lagi tapi belajar otodidak dulu nih

    ReplyDelete
  6. Udah lama sekali ga ikutan test toefl, terakhir test sih lumayan. Paling suka di reading comprehension sama grammar. Menantang sekali.

    Btw makasih tipsnya sangat berguna buat aku yang kudu belajar lagi

    ReplyDelete
  7. Saya baru pertama kali dengar tentang Studiva, nih. Kayaknya saya tertarik untuk mencoba. Soalnya saya sudah lama tak mengasah kemampuan B. Inggris, jadi sepertinya bisa banget ke level basic lagi ini, hehehe

    ReplyDelete
  8. Sudah lama sekali terakhir kali ikut tes toefl, dulu sering baca-baca buku tips agar lulus tes toefl, aku masih inget susah banget mengerjakan tesnya tuh apalagi bagian listening

    ReplyDelete
  9. bicara TOEFL jadi ingat Wirda Mansur yang ngaku nilainya 8,5

    sementara grammarnya acak adut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Baca ini jadi ngakak saya Mbak Maria. What a lie!! Termasuk kebohongan-kebohongan beruntun tentang sejarah kuliahnya. Duh, tebel muka banget itu bocah ya (ngekek)

      Delete
  10. Penting banget sih TOEFL ini, dulu pernah tes ini juga. Alhamdulillah sekarang membantu banget..

    ReplyDelete
  11. Sangat penting ini untuk yang mau S2 dan ada persyaratan TOEFL. Sukses untuk semuanya.

    ReplyDelete
  12. Jadi keinget jaman kuliah, mau daftar ujian skripsi harus minimal 527 skornya. Tipsnya keren mb!

    ReplyDelete
  13. Kelemahanku dalam belajar bahasa Inggris di listening.Terkadang harus berulangkali di dengar supaya tahu jelasnya. Thanks kak untuk tips kerennya. Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  14. Aku tuh suka panik kalau pas tes listening. Udah berusaha fokus, tapi begitu bingung di satu soal, langsung buayr deh konsentrasinya

    ReplyDelete
  15. tOEFL sekarang kayak kebutuhan ya..jadi emang penting banget kalo kita mau belajar yang hasilnya juga oke... Aku jadi pengen cobain nih...buat ngukur kemampuan

    ReplyDelete
  16. Kelihatannya TOEFL menjadi semakin penting nih bila ingin meningkatkan karir. Jadi harus ingatin ke anak saya supaya lebih memaksimalkan kemampuan

    ReplyDelete
  17. Semua pasti pengen punya skor TOEFL yang tinggi jika ingin apply ke sebuah program tertentu ya. Kini mau punya karir yang lebih bagus pun sering menyaratkan harus ada skor TOEFL makanya perlu banget dimaksimalin nih.

    ReplyDelete
  18. Mempersiapkan test TOEFL maka peluang mendapatkan nilai tinggi sangat terbuka. Aku setuju dlm tiap test memang harus memahami kata kunci dari soal

    ReplyDelete
  19. ingat dulu mau lulus, test toefl ampe 3 kali, saya emang agak lemah hehe. Makasih sharing ilmunya, jd tau beberapa cara meraih skor TOEFL yang tinggi di setiap bidang soal.

    ReplyDelete
  20. Udah lama banget gak ikut tes TOEFL lagi tapi walaupun begitu tips di atas bermanfaat banget buat nanti mendampingi anak-anak belajar saat mereka mau ikutan tes TOEFL juga

    ReplyDelete
  21. Tips yang sangat bagus nih. Bener sih, latihan intensif dengan mengerjakan soal yang mirip bisa membantu banget. Karena kan jadi bisa berlatih menjawab cepat untuk soal yang sama tipenya.

    ReplyDelete
  22. jadi inget nih ijazahku tertahan karena belum test TOEFL lagi. udah lama meninggalkan bangku kuliah jadi malas belajar TOEFL lagi. hihi

    ReplyDelete
  23. Wah, berasa belajar LG nih. Mks tips n trik nya. Dl pernah ikut, cm mo nantang kemampuan diri sendiri aja sih. Jd pengen cb LG .. hihihi

    ReplyDelete
  24. Terimakasih info dan tipsnya, jadi inget dulu suka bicarain TOEFL sama temen sekolah, wih keren lho dia udah jago, TOEFL nya sekian sekian, kaya jadi tolak ukur kekerenan seseorang hehe

    ReplyDelete
  25. Trims tips-tips nya kak, bagus banget nih buat yang kepengen mendapatkan skor TOEFL yang sempurna nih bisa belajar di studiva ya kak

    ReplyDelete
  26. Wah. Cocok bgt nih tipsnya, kebetulan suamiku juga lagi mau tes TOEFL lagi

    ReplyDelete
  27. Makasih banyak tips dan triknya, kebetulan saya memang butuh ikut tes TOEFL untuk sekolah lanjutan. Tes TOEFL memang rada tricky. Yang paling susah bagi saya itu bagian listening.

    ReplyDelete

Terima kasih