Cara Mendidik Anak agar tidak Manja dan Mandiri, Parenting Penting!

Cara Mendidik Anak agar tidak Manja dan Mandiri, Parenting Penting!

Cara mendidik anak agar tidak manja dan mandiri harapan salah satu pengasuhan anak. Pengasuhan anak sebagai bagian dari pemenuhan kewajiban orang tua ke anak. Pengasuhan anak bagian penting dalam mendidik anak semenjak dini sampai pertumbuhan dan perkembangan mereka nantinya.


Cara mendidik anak agar tidak  manja dan mandiri seperti harapan orang tua pada umumnya. Mengasuh anak apakah sulit?jawabannya tidak dengan catatan orang tua bertanggung jawab sedari awal, menuntut ilmu melalui komunitas, pengajian, sekolah parenting ada juga, membaca buku pengasuhan anak oleh pakar, pemerhati anak dan orang tua.


Cara mendidik anak agar tidak manja dan mandiri dilakukan orang tua semenjak dini memang penting, karena mendidik anak seperti membangun suatu pondasi bangunan pengasuhan. Pondasi pengasuhan anak dimulai dari memberikan pembiasaan orang tua terhadap anak di rumah. Pengasuhan anak seperti piramida. Orang tua memberikan andil besar memberikan pengasuhan anak.


Cara mendidik anak agar tidak manja dan mandiri diberikan melalui contoh pendidikan dan pembiasan orang tua. Ibarat orang tua seperti guru di sekolah, pembelajaran dan pembiasaan akar mula dimulai di keluarga. Pembiasaan positif akan menghasilkan kelekatan positif pula.


Cara mendidik anak agar tidak manja dan mandiri semenjak dini anak mencontoh orang tua. Pembiasaan seperti memberikan tugas harian, tidak mudah menyerah dalam melakukan aktifitas, mendampingi tugas dari sekolah anak, bermain dengan memberikan pengertian dan tanggung jawab, melakukan ibadah secara tanggung jawab adalah bagian cara mendidik anak agar tidak manja dan mandiri.


Anak diberikan wawasan oleh orang tua, memberikan pengertian ketika ada permasalahan, sering diskusi dengan orang tua, memberikan pandangan mengenai tanggung jawab.

 

Parenting Anak Islami

Parenting anak Islami ialah memberikan pengasuhan anak oleh orang tua menggunakan panduan suri tauladan Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wasallam, atau panduan Al Qur’an dan Hadist sebagai muslim tentunya.


Parenting anak islami ialah memberikan pola pengasuhan dengan memberikan keteladanan sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam memberikan keteladanan kepada umatnya.


Parenting anak Islami dimulai dengan memberikan praktik pengasuhan dan pendidikan buat bekal hubungan manusia dengan Allah Subhanahu Wataala dan hubungan dengan sesama manusia. Sebagaimana contoh parenting anak Islami manusia dengan Allah Subhanahu Wataala seperti ibadah. Sedangkan contoh parenting Islami praktik kepada manusia dengan manusia lain atau muamalah, seperti saling membantu dalam hal kebaikan.

Cara Mendidik Anak agar tidak Manja dan Mandiri, Parenting Penting!
Cara Mendidik Anak agar tidak Manja dan Mandiri, Parenting Penting!
Gambar Pixabay.com



Parenting Education

Parenting education merupakan pendidikan pengasuhan anak oleh orang tua. Parenting education sebagai bagian pengasuhan dan pendidikan anak di rumah. Pengasuhan dan pendidikan anak akan berbeda penanganannya disesuaikan pertumbuhan dan perkembangan anak. 


Parenting education untuk anak balita akan berbeda dengan anak usia remaja. Parenting education ini didasarkan pada pengalaman, pengasuhan dan pendidikan anak positif akan menghasilkan kelekatan positif. 


Parenting education akan memberikan dampak cukup panjang bagi anak dalam pertumbuhan dan pengasuhan anak, dimulai dari rumah dan praktik di lingkungan. 


Cara Mendidik Anak Perempuan

Cara mendidik anak perempuan dipengaruhi oleh ibu sebagai madrasah di rumah. Cara mendidik anak perempuan tentu akan berbeda dengan cara mendidik anak perempuan. 


Parenting Adalah

Parenting adalah cara mendidik dan mengasuk anak semenjak dalam kandungan sampai anak terlahir menggunakan pola pengasuhan yang dikehendaki dan diharapkan oleh orang tua.


Alhamdulillah, tulisan cara mendidik anak agar tidak manja dan mandiri, parenting education, parenting anak Islami, cara mendidik anak perempuan dan pengertian parenting adalah semoga bermanfaat.


18 Comments

  1. Era digital ini memang pastinya punya pola pengasuhan dan mendidik anak yang berbeda juga dari jaman terdahulu ya. Sebagai orang tua tentu harus tahu caranya agar anak memang bisa mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang tua.

    ReplyDelete
  2. Ini penting nih... Cara Mendidik Anak agar tidak manja, terutama anak perempuan.
    Anak perempuanku satu-satunya agak manja dan cenderung penakut, terutama sama binatang.
    Saya setuju banget kalau seorang ibu itu madrasah pertama bagi anak-anaknya, tapi harus diingat: kepala sekolahnya adalah ayah

    ReplyDelete
  3. Aku kalau ngeliat anak manja suka gemes kak. Bawaannya emosi aja hihihi 😂. Tapi lebih gemes lagi ama orang tua yang manjain anaknya. Karena jaman sekarang karakter manja mah akan terbuang dari dunia.

    ReplyDelete
  4. Anak-anakku Rachel & Glory dari kecil sudah dibiasakan mandiri, tidak terbiasa dimanja. Misalkan saja untuk berangkat sekolah yang cukup jauh dari rumah, aku sudah biasakan mereka berangkat sendiri. Awal memang diantar dulu. Begitupun untuk tanggung jawab belajar dan pekerjaan rumah. Mereka bisa disiplin dan puji Tuhan di usia remaja seperti sekarang mereka menjadi pribadi yang kuat. Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  5. jadi inget tulisan saya tentang Adversity Quotient

    anak emang harus dididik untuk menyelesaikan problem solving

    agar tidak cengeng di usia dewasa

    ReplyDelete
  6. Pola asuh pengaruhnya banyak banget sama kemandirian anak. Tapi kadang orang tua yang manjain mereka sendiri yang mengeluh anak nggak mandiri.

    ReplyDelete
  7. Mendidik anak agar tidak manja salaha satu tugas dari orang tua, khususnya ayah yang harus menjalankan tugasnya mendidik kemandirian pada anak. Mendidik anak untuk bertanggung jawab dan tidak cengeng.

    ReplyDelete
  8. Karna aku single mom dan kerja di luar kota dan terpaksa jauh dari anak, otomatis anak2ku secara alami ngga manja dan mandiri sejak dini. Dipaksa keadaan. Alhamdulillaah tetep disyukuri....

    ReplyDelete
  9. Parenting Islami memang penting banget ya. Pendidikan bagaimana membangun kedekatan dengan Allah SWT dan mempunyai hubungan baik dengan sesama manusia. Akhlak, budi pekerti dan kebiasaan yang didahulukan sebelum ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  10. Setiap orang tua tentunya punya gayanya masing-masing sih untuk mendidik anak agar gak manja kelak hingga dewasa dan bisa menjadi pribadi yang mandiri

    ReplyDelete
  11. Parenting yang baik dimulai dari pemilihan pasangan, mempersiapkan kehamilan sampai anak lahir dan dididik oleh kedua orang tuanya

    ReplyDelete
  12. Pengasuhan terhadap anak penting dilakukan orangtua untuk masa depan anaknya

    ReplyDelete
  13. manja memang sikap yang gak baik yaa, makanya anak harus dilatih agar menjadi anak yang kuat, mandiri dan tidak manja

    ReplyDelete
  14. Anak lelaki maupun perempuan memang harus di didik agar mandiri dan tidak manja, ini tantangan berat untuk orang tua. Jadi memang harus tahu ilmunya

    ReplyDelete
  15. Semoga nanti kalau aku punya anak bisa mempraktekkan ini, makasih banyak infonya hehe

    ReplyDelete
  16. Setuju nih.
    Karena belum tentu kita bakal ada dan mendampingi anak sepanjang hari, makanya anak harus diajarkan untuk mandiri supaya bisa memenuhi keperluannya sendiri ketika kita tidak bisa menemani

    ReplyDelete
  17. Kalau menurut aku sih wajar anak manja. Karena dia dekat dengan orang tua nya. Asal jangan saja berlebihan. Sehingga melepas sifat kemandiriannya.

    ReplyDelete
  18. beda jaman beda juga perlakuan parenting pada anak ya. apalagi jaman digital kaya sekarang. emang mesti diperhatikan sekali.

    ReplyDelete

Terima kasih