Usaha Online di Desa Rintis Pemberdayaan Ekonomi

Usaha Online di Desa Rintis Pemberdayaan Ekonomi


Gambar pixabay.com. Usaha Online di Desa Rintis Pemberdayaan Ekonomi
Gambar pixabay.com. Usaha Online di Desa Rintis Pemberdayaan Ekonomi


Usaha online di desa sepertinya sekarang ini bisa dilakukan mengingat kebutuhan masyarakat semakin beragam bentuknya. Kebutuhan di desa dengan segala aktifitasnya kian waktu juga semakin kompleks, sehingga perlu ada solusi untuk memenuhi dan mencukupinya. 


Ekonomi  masyarakat pedesaan di era teknologi dan digital menjadi pendukung dalam melakukan aktifitas tersebut. Usaha online di desa pun semakin mudah ditemui.


Gambar Pixabay.com. Usaha Online di Desa Rintis Pemberdayaan Ekonomi
Gambar Pixabay.com. Usaha Online di Desa Rintis Pemberdayaan Ekonomi


Berikut ini beberapa usaha online di desa, yuk simak bersama

Pertama, jual beli alat pertanian, dan pupuk pertanian

Jual beli berkaitan dengan pertanian masih mudah dijumpai di pedesaan. Hadirnya perkembangan teknologi akan menjadi pendukung pemasaran secara online lebih luas dan maksimal.


Kedua, jual tanaman hias

Pedesaan masih asri dan kaya akan keanekaragaman hayati, sehingga sampai sekarang pun masih merasakan kenyamanan udara ketika di pedesaan. Sisi lain jual beli tanaman hias pun masih banyak ditemukan, misal ketika berkunjung ke kota Batu masih mudah menemukan jual beli tanaman hias. Bahkan sekarang digital akan membantu pemasaran lebih luas lagi.


Ketiga, Jual pulsa, paket internet, token listrik

Kebutuhan masyarakat yang beragam menjadi peluang merintis pemberdayaan ekonomi untuk usaha online di desa seperti jual pulsa, paket internet dan token listrik.

Komunikasi semakin intensif, jarak sudah dikurangi dengan adanya internet mendekatkan yang jauh. Keinginan menghubungkan komunikasi bisa lebih praktis, cepat dengan pendukung internet salah satunya.

Kebutuhan akan pembayaran listrik juga bisa melalui outlet yang melayani pembayaran token listrik tanpa perlu ke kantor PLN. Tentunya ini menjadi peluang usaha online di desa.

Keempat, jualan sembako dan buah maupun sayuran

Pedesaan masih menjadi primadona dalam ketersediaan sejumlah barang pokok tentunya. Usaha online di desa seperti jualan sembako, buah maupun sayuran bisa dilakukan dan sudah marak terlebih desa tersebut masuk desa wisata.


Usaha yang menguntungkan di desa dengan modal kecil

Usaha yang menguntungkan di desa dengan modal kecil, seperti jualan sembako, token listrik, paket internet, sayuran dan buah-buahan menjadi peluang usaha di pedesaan. Bahkan dukungan semua pihak akan semakin mendukung keberadan usaha online di desa.


Usaha jangka panjang di desa

Usaha jangka panjang di desa menjadi analisa yang bisa melibatkan penanganan serius di pedesaan dengan harapan memberikan efek lebih luas pendapatan masyarakat maupun desa tentunya. Pilot projek seperti pusat usaha bunga hias, pasar sayur ddan semacamnya memerlukan penanganan intensif karena itu merupakan peluang usaha ekonomi pedesaan termasuk desa wisata.


Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan merupakan usaha yang bisa dilakukan berdasarkan analisa kebutuhan yang sering dibutuhkan di masyarakat pedesaan secara berkelanjutan. Usaha tersebut bisa dilakukan oleh pemula sekalipun tekad dan kemauan yang kuat dan inovasi akan saling mendukung berjalan usaha dengan baik. Seiring waktu kesesuaian, ketrampilan akan semakin bertambah baik dan pemasaran akan semakin menemukan pasarnya.


Usaha modal 1 juta di kampung

Usaha modal 1 juta di kampung?cukup sesuai kemampuan anggaran pun bisa dilakukan mau usaha online di desa maupun offline. Membangun usaha modal 1 juta di kampung perlu siasat jitu dan inovasi. Kemampuan berjejaring usaha akan semakin mendukung usaha berjalan sesuai harapan sekarang dan masa akan datang.


Gambar Pixabay.com. Usaha modal 1 juta di kampung
Gambar Pixabay.com. Usaha modal 1 juta di kampung


Usaha online di desa rintis pemberdayaan ekonomi akan semakin bagus karena dukungan digital. Usaha online di desa bisa!

5 Comments

  1. Merintis usaha online di desa saya rasa perlu dibarengi juga dengan edukasi digital terlebih dahulu, baik untuk si pengusaha maupun konsumen. Kalau masalah jaringan sepertinya sudah banyak yang blusukan masuk desa ya?

    ReplyDelete
  2. Semoga jaringan internet semakin baik dan merata, sehingga buat teman-teman perdesaan yang sedang mencoba memulai berbisnis online bisa mengembangkan bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan omsetnya, aamiin

    ReplyDelete
  3. Ada satu lagi yg cocok dijual secara online dari desa, yaitu makanan tradisional. Bisa memberdayakan ibu-ibu yang mengenal resep makanan setempat seperti kue cincin, rempeyek, dll

    ReplyDelete
  4. Kalau di desa sih ya, punya counter dan melayani pembelian pulsa, listrik pra bayar masih laku. Karena orang desa kan seperti enggan mengaktifkan i-net gitu. Jadi nggak bisa pesan langsung dari ponsel. Makanya bisa jadi peluang usaha di daerah pedesaan.

    ReplyDelete
  5. Apapun bisa kalau ada niat dan usaha ya. Satu juga buat modal usaha di kampung itu banyak loh.

    ReplyDelete

Terima kasih